Minggu, 04 April 2010

Gempa Chile 8,8 Richter Akibatkan Tsunami


Tsunami yang dipicu oleh gempa kuat di Cile telah mencapai pantai timur Australia sehingga rakyat disarankan menjauhi laut. Demikian peringatan Joint Australian Tsunami Warning Center (JATWC), Minggu (28/2/2010).


"Setiap orang yang berada di pantai atau yang mungkin melakukan penyelaman di daerah itu atau di perahu mesti keluar dari air sekarang," kata juru bicara JATWC, Alasdair Hainsworth, kepada Australian Associated Press.

"Kami menduga akan menyaksikan dampak pertama tsunami, sekarang, di bagian selatan Australia, lalu secara bertahap berdampak ke bagian lain New South Wales dan Queensland," katanya.

Semua pantai New South Wales (NSW) telah ditutup dan orang yang berharap akan menyaksikan keadaan tsunami telah diminta meninggalkan pantai.

Surf Life Saving NSW telah memerintahkan penutupan semua pantai mulai Minggu pagi setelah gempa dengan kekuatan 8,8 skala Richter mengguncang pantai Cile tengah, Sabtu.

Gelombang besar sudah melanda beberapa pulau Polinesia Perancis dengan membawa gelombang setinggi empat meter dan menimbulkan kerusakan kecil. Namun, tak ada korban cedera.

Joint Australian Tsunami Warning Center telah mengeluarkan peringatan tsunami bagi empat negara bagian Australia di pantai timur mulai Minggu pagi.

Gelombang berbahaya, arus kuat samudra, dan banjir di pantai diperkirakan menerjang banyak daerah pantai yang membentang ke arah selatan dari Rockhampton di Queensland sampai ke Victoria dan Tasmania.

Banyak orang mendatangi pantai NSW, Minggu pagi, sampai mereka diminta menjauhi air dan pantai oleh petugas penyelamat selancar.

"Kami telah mengeluarkan permintaan kepada semua klub kami di NSW pengarahan untuk menutup semua pantai sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata wanita juru bicara Surf Live Saving NSW kepada Australian Associated Press, Minggu.

"Gelombang besar pertama juga telah mencapai Hawaii," kata pemerintah, Sabtu.

Dari delapan pulau di Hawaii, Big Island menurut Pacific Tsunami Warning Center Federal merupakan wilayah yang pertama diterjang tsunami.

Menurut lembaga tersebut, gelombang besar naik, mendarat, dan menyapu Pantai Hilo Bay di pulau tersebut menjelang sore. Namun, besarnya kerusakan belum diketahui.

Di Pulau Oahu, para pejabat Pertahanan Sipil mengaku mulai melihat naik-turunnya permukaan air di perairan lepas pantai Waikiki sekitar pukul 12.05 waktu setempat. Namun, air segera turun.

Permukaan air di lepas pantai Waikiki tampaknya turun. Hal ini memberi tanda mengenai kemungkinan bahwa tsunami akan datang.

Beberapa pejabat polisi Honolulu dan hotel mengosongkan jalan dan pantai di Waikiki, serta memerintahkan orang agar pergi ke daerah yang lebih tinggi di Waikiki.

Saat tsunami mendekat, banyak wisatawan berdesak-desakan di jalan dan sebagian berdiri di dekat pantai untuk menyaksikan pemandangan berupa gelombang yang mendekat. Empat mobil polisi bergerak perlahan di Kalakaua Avenue, dan mendesak orang agar segera mengungsi.

"Ini bukan pelatihan," kata polisi.

Para pejabat hotel memberi tahu tamu mereka agar pergi ke lantai yang lebih tinggi di hotel yang menjulang tinggi. Penjabat Wali Kota Honolulu Kirk Caldwell mengatakan, warga diminta siaga dan berhati-hati.

"Mereka tak boleh berleha-leha," kata Caldwell. "Mereka mesti memerhatikan ini dengan sungguh-sungguh ... Ini adalah kenaikan permukaan air samudra. Ini akan mendorong apa pun yang ada di depannya. Ini akan mendorong orang. Ini adalah situasi yang sangat mematikan," ungkapnya.

Setelah gempa kuat, sedikitnya 25 gempa susulan dari ukuran 5 sampai 6,9 skala Richter telah terdaftar.

Gempa dengan kekuatan 8,8 skala Richter mengguncang Cile pukul 03.34 waktu setempat, Sabtu, merontokkan rumah dan rumah sakit, serta memicu tsunami yang bergerak mengancam seluruh wilayah Pasifik.

Pusat gempa hanya 115 kilometer dari Concepcion, kota terbesar kedua di Cile, dengan 200.000 warga.

Tidak ada komentar: