Sabtu, 10 Oktober 2009

Logo Yahoo! dari Masa ke Masa

Warna logo Yahoo! kini jadi ungu? Betul! Tidak ada yang salah dengan mata Anda. Sejak beberapa bulan terakhir ini kami memang telah mengubah skema warna logo menjadi ungu sebagai bagian dari kampanye global yang diperkirakan akan kelar pada pertengahan tahun depan. Selamat tinggal logo merah yang telah menghiasi situs sejak awal dan selamat datang logo ungu!

Bagi karyawan Yahoo!, hal ini bukan hal baru. Kami sudah terbiasa dengan warna ungu ini bahkan sejak tahun 1996, karena ini memang warna korporat kami. Mengapa ungu? Intinya, ungu membuat suasana kerja menjadi unik. Nah, kini, kami ingin berbagai energi yang sama dengan Anda semua. Kami ingin napak tilas bagaimana perjalanan logo Yahoo! sejak 1994. Ya, inilah evolusi logo Yahoo! selama lebih 15 tahun terakhir ini:



1994: Tanpa logo

Pada awalnya, Yahoo! tidak punya logo sama sekali. Ya, Yahoo! saat itu bukan Yahoo! seperti yang Anda kenal sekarang ini. Para pendiri, dua orang mahasiwa pascasarjana Universitas Stanford yang memutuskan menunda penyelesaian disertasinya, membuat sebuah direktori yang berisi situs-situs web kesukaan mereka dan dinamakan “Jerry’s Guide to the Web“. Situs direktori itu sendiri sangat sederhana, praktis dan gampang digunakan. Satu tahun kemudian, barulah direktori tersebut berubah nama jadi Yahoo! yang juga sekaligus merupakan nama perusahaan.



1995: Logo “Y” guy

Setelah Yahoo! menjelma dari sekadar hobi menjadi perusahaan start-up, kami butuh sesuatu untuk menghiasi pintu kantor dan baju kaos perusahaan. Didesain oleh David Shen, karyawan ke-17 Yahoo! saat itu, dan satu-satunya ahli di desain di perusahaan, logo ini menggambarkan seseorang yang melompat kegirangan setelah menemukan apa yang ia butuhkan di Yahoo! Lingkaran warna biru yang berada di tengah merepresentasikan dunia. Beberapa saat kemudian, Shen bermitra dengan Organic Online, sebuah biro iklan, untuk mendesain logo-type yang baru. Pasalnya, Yahoo! memerlukan logo yang horizontal agar lebih menghemat tempat ketimbang versi vertikal ala “Y” guy.



1995: Menjelma jadi merah

Kami memutuskan logo harus memiliki unsur “kehidupan”, sehingga, masih pada tahun 1995, kami memutuskan untuk menggunakan warna merah menyala. Pilihan ini bukan sekadar berdasarkan alasan estetik. Kami juga memilih ini mengingat warna merah bisa tampil lebih optimal di semua jenis monitor dan komputer pada saat itu –di mana pada saat itu terjadi sedikit masalah dalam tampilan warna-warna lainnya.



1996: Tahun baru, logo baru

Setelah dilakukan penyempurnaan di sana-sini, akhirnya kami meluncurkan logo Yahoo! warna merah di semua halaman situs kami pada 1 Januari 1996.



1996: Ungu untuk internal

Sementara merah menjadi wajah Yahoo! untuk seluruh para pengguna, secara internal kami melakukan desain ulang. Tahun 1996, kami mencabut versi “Y” guy and menyulapnya menjadi menjadi versi ungu yang menjadi sangat terkenal di kemudian hari. Kami menggunakan logo ungu untuk semua urusan seperti poster atau pernik-pernik lain lainnya.



1997-2004: Teori big bang

Logo yang berupa singkatan Yahoo!, yang dikenal sebagai “Y-Bang”, pada awalnya didesain pada tahun 1997 untuk tombol di Yahoo! Toolbar. Tahun 2004, kami bermitra dengan biro iklan Ogilvy untuk meredesain Y-Bang dan menciptakan sebuah versi dengan “Y” berwarna putih di bagian tengah ranah berbentuk oval dan berwarna ungu plus tanda seru di bagian kanannya. Y-Bang ungu kini menjadi logo singkatan resmi yang bisa Anda lihat di seantero situs Yahoo!



2009: Menghiasi dunia dengan ungu

Yahoo! meluncurkan homepage baru dengan logo ungu baru. Standarisasi seputar logo ungu ini akan menghadirkan pengalaman yang konsisten bagi semua pengguna Yahoo! dan akan memperkuat brand Yahoo! dalam memasuki dekade berikutnya.

Go purple! Ayo ungu!

Tidak ada komentar: