Selasa, 17 Agustus 2010

Peta Indonesia Terbesar Ada di Unpad

Sumedang: Beragam cara dilakukan masyarakat untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-65 RI. Salah satunya seperti yang dilakoni sejumlah mahasiswa di Universitas Padjadjaran, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (17/8). Mereka membangun peta Indonesia berukuran raksasa dari bahan pas foto mahasiswa baru. Tak tanggung-tanggung, foto yang dipakai mencapai 7.812 lembar dan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).


Para mahasiswa Unpad di kawasan pendidikan Jatinangor membangun peta indonesia dari spanduk berukuran 15 x 7 meter berbahan pas foto ukuran 3x4. Hasil karya ini sebagai tanda cinta mereka kepada bangsa. Butuh dua bulan bagi mereka untuk merangkai peta Indonesia berukuran setengah lapangan futsal.

Selain untuk memeriahkan acara ulang tahun RI, pembuatan peta dari foto mahasiswa baru mengandung makna tersendiri. Menurut Pembantu Rektor Unpad Trias Nugrahadi, para mahasiswa diharapkan bisa mengabdikan diri untuk Indonesia dimana berada.

Rekor sebelumnya dipegang sebuah universitas di Semarang, Jawa Tengah, yang membangun lambang pendidikan dari 4.000 lembar foto. Saat ini panitia masih kebingungan untuk menyimpan peta ini karena ukurannya yang sangat besar.

Tidak ada komentar: