Minggu, 06 September 2009

Ruang dan Waktu di mata anak Indigo

Mendengar kata "Dunia lain", yang terbersit dalam benak kita pastilah suatu dunia di luar alam manusia. tidak salah lagi bahwa kehidupan makhluk hallus itu memang benar-benar ada. bagi sebagian orang ada yang tidak percaya adanya makhluk halus, sebagian lagi percaya akan keberadaan mereka. ada pula yang membicarakan mereka walaupun mereka belum pernah melihat. tapi banyak pula yang bertemu dengan mereka.

Sebenarnya terlepas dari percaya nggak percaya bagi orang yang bisa melihat dunia lain mereka itu memang benar-benar ada. bahkan bisa dibilang makhluk tang tak tampak itu jumlahnya lebih banyak dari yang tampak (manusia) karena menurut agama Buddha, terlahir lagi sebagai manusia itu sangat sulit. bisa diibaratkan seperti seekor kura-kura yang berenang dilaut, kura-kura itu muncul 100 tahun sekali , pada waktu kura-kura muncul ke permukaan, kita melempar sebuah gelang ke lehernya. Apakah mungkin kita bisa tepat melempar gelang itu ke lehernya? seperti itulah untuk menjadi manusia lagi kemungkinannya sangatla kecil Buddha secara jelas menggambarkan adanya 31 alam kehidupan. alam peta/hantu termasuk dalam salah satu dari "empat alam penderitaan", selain alam asura, alam binatang, dan alam niraya/neraka. vinaya dan lakkhana-samyutta juga secara jelas menggambarkan 21 macam hantu, dan dalam kitab lokapannati serta Chagatidipani disebutkan adanya 12 macam hantu.

Hanya sedikit orang yang mempunyai indra ke enam dan hanya merekalah yang bisa melihat keberadaan mereka bahkan berkomunikasi dengan mereka.

Tidak ada komentar: