Minggu, 23 Mei 2010

Info Tentang Pendidikan di Jepang

Sistem pendidikan di Jepang hampir sama dengan di Indonesia, setelah pra-sekolah, sekolah dasar 6 tahun, sekolah menengah pertama 3 tahun dan sekolah menengah atas 3 tahun. Setelah menengah atas, siswa dapat melanjutkan ke universitas selama 4 tahun ataupun Diploma atau pun Akademi selama 2 – 3 tahun. Di Jepang terdapat 5 jenis pendidikan tinggi yang dapat dimasuki oleh mahasiswa asing.
  1. Program Sarjana (Daigakugakubu) Mahasiswa program reguler (Seikisei) : lama studi 4 tahun kecuali FKU, FKG, dan FKH 6 tahun. Beasiswa yang tersedia untuk masuk jenis pendidikan tinggi.. Mahasiswa pendengar (Choukousei) : siswa yang mengikuti perkuliahan dengan syarat dan pengambilan jumlah kredit yang berbeda di setiap universitas tetapi kredit tersebut tidak diakui. Mahasiswa pengumpul kredit (Kamokutourishuusei) : hampir sama dengan mahasiswa pendengar tetapi kredit dari mata kuliah yang telah diambil diakui.
  2. Program Pasca Sarjana (Daigakuin)
    Terdiri dari program doktor dan master serta program reguler di samping program mahasiswa peneliti, mahasiswa pendengar, dan mahasiswa pengumpul kredit di beberapa universitas tertentu. Program Master (Shuushikatei) : lama studi 2 tahun. Program Doktor (Hakasekatei) : lama studi 5 tahun terbagi dalam periode awal (2 tahun untuk program master yang disebut di atas) dan periode akhir (3 tahun). Untuk FKU, FKG, dan FKH lamanya adalah 4 tahun (program lanjutan setelah 6 tahun studi kedokteran). Ada juga program doktor yang dimulai dari periode akhir yang hanya 3 tahun. Mahasiswa Peneliti (Kenkyuusei) : berbeda dengan program pasca sarjana reguler, mahasiswa diizinkan untuk melakukan penelitian dalam bidang tertentu selama satu semester atau satu tahun tanpa tujuan untuk mendapatkan gelar.
  3. Diploma (Tankidaigaku)
    Lama pendidikan umumnya 2 tahun tetapi beberapa jurusan, misalnya keperawatan, memerlukan waktu 3 tahun. Sekitar 60% dari program ini diperuntukkan bagi perempuan dan lebih dari 50% mengajarkan bidang-bidang seperti kesejahteraan keluarga, sastra, bahasa, dan kependidikan.
  4. Akademi (Senshuugakkou)
    Akademi yang memiliki sekolah kejuruan khusus, biasa disebut “Special Training Academy”, merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari dengan masa pendidikan antara 1 ~ 3 tahun tetapi umumnya 2 tahun. Beasiswa yang tersedia untuk masuk jenis sekolah ini adalah Beasiswa Monbusho D2.
  5. Sekolah Kejuruan (Koutousenmongakkou)
    Penyelenggaraan pendidikan secara konsisten khusus bagi para lulusan SMP dengan masa pendidikan 5 tahun (5,5 tahun untuk bidang pelayaran niaga) untuk membina keahlian yang diperlukan dalam dunai kerja. Umumnya mengajarkan bidang-bidang teknik dan mata kuliah lain di samping ada juga sekolah kejuruan pelayaran niaga. Lama pendidikan ini sebenarnya 5 tahun tapi karena mahasiswa asing telah menyelesaikan 12 tahun pendidikan di negaranya sendiri maka dapat langsung masuk ke tingkat 3. Beasiswa yang tersedia dari Indonesia untuk masuk sekolah ini adalah Beasiswa Monbusho D3.

Tidak ada komentar: