Selasa, 11 Mei 2010

Olivia, Marcela, & Baim Temui Alter, Besok

Sejumlah selebriti akan mengunjungi Alterina Hofan (Alter) di Rumah Tahanan Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur, besok, Selasa 11 Mei 2010 jam 13.00. Alter, dia seorang transgender yang menghadapi persoalan berat. Dia dilaporkan mertua ke polisi dalam kasus pemalsuan dokumen dan penipuan.


Kasus yang dialami suami Jane Deviyanti Hadipoespito, yang merupakan putri salah satu pendiri Universitas Bina Nusantara, ini mengundang simpati publik. Kian lama, dukungan meluas tidak cuma lewat facebook.
Sejumlah selebriti seperti Olivia Zalianty, Marcella Zalianty, dan Baim Wong ikut prihatin dengan permasalahan yang mendera Alter.

“Mereka akan datang untuk memberikan dukungan moril kepada Alter dalam menghadapi persidangan,” kata Ramdan Alamsyah, kuasa hukum Alter.

Sidang perdana Alter rencananya dilaksanakan Senin 17 Mei 2010 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Pada waktu lahir, akta kelahiran Jane dibuat dengan jenis kelamin perempuan. Tetapi seiring dengan perkembangan hidupnya, Alter merasa eksistensinya bukan perempuan, melainkan laki-laki. Itu sebabnya dia merekonstruksi tubuhnya melalui operasi untuk menegaskan orientasi hidupnya.

Kemudian, pada 2006, Alter mengubah aktanya sebagai laki-laki. Dengan status baru inilah Alter memutuskan menikah dengan Jane di Las Vegas pada 9 September 2008.

Pernikahan itu rupanya tidak direstui orang tua Jane. Alter dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada akhir 2009. Dia dibidik Pasal 266 KUHP tentang pemalsuan identitas dalam akta otentik, juncto Pasal 263 KUHP dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Jane sendiri diberbagai kesempatan menyatakan sangat menyayangkan tindakan orang tuanya yang memperkarakan suaminya. Kendati demikian, Jane tidak akan putus asa. Dia akan membebaskan suaminya. Dia telah melaporkan masalah ini ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

Tidak ada komentar: