Sabtu, 11 September 2010

Paus Sampaikan Selamat Lebaran

Umat Kristiani dan Islam bersatu mengatasi kekerasan antar pemeluk agama.

Vatikan menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada umat muslim di seluruh dunia. Ucapan disampaikan melalui pesan elektronik yang dikeluarkan Dewan Kepausan Untuk Dialog Antaragama Kota Vatikan.

Selain ucapan selamat Idul Fitri, juga disampaikan beberapa pesan bertema, "Umat Kristiani dan Umat Islam: Bersatu Mengatasi Kekerasan Antar Pemeluk Agama."

Dalam pesan elektronik itu, Ketua Dewan Kepausan Untuk Dialog Antaragama, Kardinal Jean-Louis Tauran, mengajak seluruh umat bersatu melawan kekerasan. Ia mengingatkan kembali pentingnya rasa hormat, dialog, dan persaudaraan dalam berbagai ranah pendidikan: rumah, sekolah, gereja dan masjid.

"Dengan demikian kita akan dapat melawan kekerasan di antara pemeluk berbagai agama dan menganjurkan damai serta harmoni di antara berbagai komunitas agama," tulis Tauran, seperti dikutip dari laman vatican.va.

Pesan damai itu juga berisi ucapan selamat atas berakhirnya Ramadan. Selamat atas keberhasilan umat muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. "Sepanjang bulan ini, umat Muslim telah melibatkan diri untuk berdoa, berpuasa, menolong orang yang paling membutuhkan dan menguatkan relasi-relasi dalam keluarga dan persahabatan. Allah pasti memberkati."

Tidak ada komentar: