Minggu, 23 Agustus 2009

Putri Duyung/Marmid

pernah nggak ngedenger yang namanya putri duyung? pasti pernah dong. yaiyalah, secara kisah tentang makhluk setengah manusia setengah ikan itu udah diangkat jadi film sama kartun.apalagi dongeng yang dibuat Hans Anderson itu kan memikat banyak hati anak-anak kecil...

tapi sebenernya putri duyung itu ada nggak ya?

gue pribadi sih percaya. bahkan kadang gue pikir, putri duyung itu sebenernya manusia yang dikutuk jadi ikan.mungkin karena dia benci ikan, Tuhan jadi marah. yah, entahlah...

pasti menyenangkan ya kalo bisa ngeliat putri duyung, selama bentuknya ga nyeremin. karena,biasanya, putri duyung yang dibikin mumi itu kan bentuknya nyeremin. yah, kalo bener itu putri duyung asli.gue terima deh. tapi kan yang selama ini gue liat di internet mah mumi putri duyung itu suka diklaim sebagai bikinan manusia yang merupakan hasil dari penggabungan bagian2 tubuh hewan, kayak monyet sama ikan.ya gimana ga serem bentuknya coba. ya kan?

bandingin deh sama lukisan-lukisan putri duyung, atau rekaan manusia mengenai putri duyung. perempuan cantik nan bohay yang ga pake beha, rambutnya keemasan, kulitnya putih.gimana pelaut-pelaut jaman dulu ga pada ngiler ngeliatnya? sampe-sampe kapal mereka jadi nabrak karang. terus kelelep. ya kan? coba kalo beneran putri duyung itu bentuknya kayak yang kita temuin selama ini di internet.apa lagi yang santer baru-baru ini yang itu tuh, kayak mutan.

gini ni contohnya :







kalo bentuk putri duyung begitu, cantik,bohay,seksi, pastilah banyak laki-laki yang pengen jadi pelaut. hehehe...eh, tapi, putri duyung punya koneksi sama Ratu Pantai Selatan ga ya?secara mereka sama-sama di laut.tapi mungkin beda dunia kali yeee....

ada deh, beberapa legenda tentang terciptanya makhluk yang dinamain mermaid sama orang amrik.beginst nih contohnya...


Cerita tentang ikan duyung atau puteri duyung pertama kali ditemukan di Assyria. Cerita itu berkisah tentang Dewi Atargatis, Ibu dari ratu Assyria, Semiramis. Dewi Atargatis jatuh hati pada seorang gembala, yang kemudian terbunuh olehnya. Karena malu, ia menceburkan diri ke danau untuk mengubah diri menjadi ikan. Namun, air tidak bisa mengubah dirinya sepenuhnya karena ia masih memiliki kekuatan sebagai seorang Dewi. Akhirnya, hanya separuh tubuhnya yang menjadi ikan.

Legenda Yunani yang terkenal menceritakan bahwa puteri duyung adalah Thessalonike, adik Alexander Agung yang berubah menjadi duyung setelah meninggal. Dia hidup setelah mati sebagai puteri duyung di laut Aegea, dan selalu menanyakan nasib kakaknya.

Dia hanya menanyakan satu hal bila ada pelaut melintas. Dia selalu bertanya:

- Ζει ο βασιλιάς Αλέξανδρος ? (Zi o basiliás Aléxandros?)
(Apakah Alexander Agung masih hidup?).
Jika dia bertanya demikian, jawaban yang tepat adalah:

- Ζει και βασιλεύει (Zi kē basileúi)
(Dia masih hidup dan masih memerintah).
Bila tidak menjawab seperti demikian, maka ia berangsur-angsur berubah menjadi Gorgon dan mencelakai pelaut yang sedang melintas.

Tidak ada komentar: